Loading...
Edukaislam - PTK atau Penelitian tindakan kelas memiliki ciri prinsip dan jenis-jenisnya. Berikut ini adalah beberapa ciri dari Penelitian Tindakan Kelas menurut M. Mega N. dan Kania Islamia Dewi :
Ciri Penelitian Tindakan Kelas (PTK) :
Prinsip Pembuatan PTK
Ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan acaun dalam pembuatan PTK menurut M. Mega N. dan Kania Islamia Dewi, diantaranya sebagai berikut :
Jenis PTK
Menurut Chien ada empat jenis PTK yakni sebagai berikut :
1. PTK Diagnostik
PTK diagnosis adalah penelitian yang dirancang untuk menuntun penelitian ke arah suatu tindakan. Dalam hal ini, peneliti mendiagnosis dan memasuki situasi yang terdapat di dalam latar penelitian.
2. PTK Partisipan
PTK Partisipan adalah penelitian yang terlibat langsung dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan pembuatan laporan.
3. PTK Empiris
PTK Empiris adalah penelitian yang berupaya melaksanakan suatu tindakan, kemudian mebukukkannya.
4. PTK Eksperimental
PTK Eksperimental adalah penelitian yang diselenggarakan sebagai upaya menerapkan berbagai teknik dan strategi secara efektif dan efisien dalam kegiatan belajar-mengajar.
Ciri Penelitian Tindakan Kelas (PTK) :
- 1. Merupakan kegiatan nyata untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.
- 2. Merupakan tindakan oleh guru kepada siswa.
- 3. Tindakan harus berbeda dari kegiatan biasanya.
- 4. Terjadi dalam siklus berkesinambungan, minimum dua siklus.
- 5. Ada pedoman yang jelas secara tertulis bagi siswa untuk dapat mengikuti tahap demi tahap.
- 6. Ada untuk kerja siswa sesuai pedoman tertulis dari guru.
- 7. Ada penelusuran terhadapa proses dengan berdasar pedoman pengamatan.
- 8. Ada evaluasi terhadap hasil penelitian dengan instrumen yang relevan.
- 9. Keberhasilan tindakan dilakukan dalam bentuk refleksi dan melibatkan siswa yang di kenai tindakan.
- 10. Hasil refleksi harus terlihat dalam perencanaan siklus berikutnya.
Prinsip Pembuatan PTK
Ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan acaun dalam pembuatan PTK menurut M. Mega N. dan Kania Islamia Dewi, diantaranya sebagai berikut :
- 1. Masalah yang diangkat berasal dari pengalaman guru selama proses pembelajaran di kelas.
- 2. Masalah yang diujicoba harus dilaksanakan secara langsung.
- 3. Penelitian berfokus pada data pengamatan dan data perilaku siswa.
- 4. Penelitian harus bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas.
- 5. Penelitian menyangkut hal-hal yang bersifat dinamis, adanya perubahan.
- 6. Tindakan yang dipilih peneliti harus spesifik, sederhana dan mudah dilakukan.
Jenis PTK
Menurut Chien ada empat jenis PTK yakni sebagai berikut :
1. PTK Diagnostik
PTK diagnosis adalah penelitian yang dirancang untuk menuntun penelitian ke arah suatu tindakan. Dalam hal ini, peneliti mendiagnosis dan memasuki situasi yang terdapat di dalam latar penelitian.
2. PTK Partisipan
PTK Partisipan adalah penelitian yang terlibat langsung dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan pembuatan laporan.
3. PTK Empiris
PTK Empiris adalah penelitian yang berupaya melaksanakan suatu tindakan, kemudian mebukukkannya.
4. PTK Eksperimental
PTK Eksperimental adalah penelitian yang diselenggarakan sebagai upaya menerapkan berbagai teknik dan strategi secara efektif dan efisien dalam kegiatan belajar-mengajar.
Loading...