Loading...
Edukaislam.com - Disamping aspek-aspek kemampuan professional guru yang berdampak dengan pengelolaan proses belajar mengarajar sehari-hari,isiprogram pembinaan harus memperhatikan pula persoalan-persoalan yang dihadapi guru dalam melaksanakan gagasan baru yang diperoleh melalui penataran atau kebijaksanaan baru.
Dalam pekerjaan sehari-hari,guru-guru menghadap pula persoalan-persoalan yang berkaitan dengan karir jabatan.Para pengawas hendaknya peka terhadap kebutuhan guru untuk memenuhi angka kredit bagi kenaikan jabatan fungsional mereka dengan mendorong dan membimbing mereka melalui kegiatan-kegiatan yang relevan tanapa harus menggangu efektivitas kegiatan belajar mengajar yang menjadi tugas pokoknya.Hal-hal seperti itu pula mendapat perhatian dalam pengembangan program supervisi.
Ruang Lingkup dan Prioritas Program
Secara teoritis,bidang penggarapan pembangunan dalam bidang pendidikan di kabupaten/kota berkenaan dengan tugas-tugas pengelolaan dalam bidang :
- 1) Pengelolaan kurikulum
- 2) Pengelolaan peserta didik
- 3) Pengelolaan ketenagaan
- 4) Pengeolaan tanah,bangunan/gedung/saran/prasarana dan fasilitas serta sumber belajar
- 5) Pengelolaan anggaran dan pembiayaan pendidik
- 6) Pengelolaan kerjasama kelembagaan pendidik dengan masyarakat
- 7) Pengelolaan bidang-bidang khusus lainnya yang sesuai dengan jenis dan karakteristik kelembagaan pendidikan.
Menurut PP.No.38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah,Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
- 1) Kebijakan
- 2) Pembiayaan
- 3) Kurikulum
- 4) Saran dan prasana
- 5) Pendidik dan tenaga kependidikan,dan
- 6) Pengendalian mutu pendidikan.
Loading...