Isi Program Supervisi Pendidikan Dan Ruang Lingkup dan Prioritas Program

Loading...
Edukaislam.com - Disamping aspek-aspek kemampuan professional guru yang berdampak dengan pengelolaan proses belajar mengarajar sehari-hari,isiprogram pembinaan harus memperhatikan pula persoalan-persoalan yang dihadapi guru dalam melaksanakan gagasan baru yang diperoleh melalui penataran atau kebijaksanaan baru.

Dalam pekerjaan sehari-hari,guru-guru menghadap pula persoalan-persoalan yang berkaitan dengan karir jabatan.Para pengawas hendaknya peka terhadap kebutuhan guru untuk memenuhi angka kredit bagi kenaikan jabatan fungsional mereka dengan mendorong dan membimbing mereka melalui kegiatan-kegiatan yang relevan tanapa harus menggangu efektivitas kegiatan belajar mengajar yang menjadi tugas pokoknya.Hal-hal seperti itu pula mendapat perhatian dalam pengembangan program supervisi.

Ruang Lingkup dan Prioritas Program
Secara teoritis,bidang penggarapan pembangunan dalam bidang pendidikan di kabupaten/kota berkenaan dengan tugas-tugas pengelolaan dalam bidang :


  • 1) Pengelolaan kurikulum
  • 2) Pengelolaan peserta didik
  • 3) Pengelolaan ketenagaan
  • 4) Pengeolaan tanah,bangunan/gedung/saran/prasarana dan fasilitas serta sumber belajar
  • 5) Pengelolaan anggaran dan pembiayaan pendidik
  • 6) Pengelolaan kerjasama kelembagaan pendidik dengan masyarakat
  • 7) Pengelolaan bidang-bidang khusus lainnya yang sesuai dengan jenis dan karakteristik kelembagaan pendidikan.


Menurut PP.No.38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah,Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:


  • 1) Kebijakan
  • 2) Pembiayaan
  • 3) Kurikulum
  • 4) Saran dan prasana
  • 5) Pendidik dan tenaga kependidikan,dan
  • 6) Pengendalian mutu pendidikan.


Loading...

Related Posts :